Atap bondek merupakan suatu jenis atap yang khusus digunakan sebagai pelapis cor beton. Disamping lebih hemat dan efisien, bondek juga menjadikan konstruksi atap lebih kokoh. Selain itu, waktu yang dipakai untuk melakukan pengecoran juga relatif lebih singkat. Apabila Anda berminat untuk menggunakan pelapis bondek, ada beberapa tahapan dalam hal pemasangan. Berikut ini penjelasannya.

Persiapan

Pertama-tama, pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses pemasangan bondek. Salah satunya adalah rangkaian balok penyangga sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Bondek yang dipersiapkan pun sudah harus menggunakan ukuran yang sesuai. Selain untuk mempercepat proses pemasangan, Anda tidak perlu lagi untuk memotong bondek ketika sudah di atas.

Pemasangan Bondek

Ada beberapa metode pemasangan bondek. Semua metode tepat tergantung kenyamanan si pemasang. Biasanya, metode yang digunakan adalah pemasangan bondek yang disesuaikan dengan ukuran lebarnya. Selain itu, hal ini dilakukan secara bertahap per-lembar hingga bagian atap tertutup sempurna. Pastikan pula arahnya benar dan tidak ada yang melenceng atau bergeser.

Pemasangan Penyangga dan Material

Tahap berikutnya dalam memasang atap bondek adalah memasang penyangga. Penyangga ini biasanya berukuran 1.5 meter berdasarkan titik yang dibuat. Titik ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi beban dari penyangga tersebut. Selanjutnya, pasang semua material yang dibutuhkan pada bagian tepi balok. Dalam melakukan pemasangan, material-material tersebut harus benar-benar dipasang secara kuat untuk mencegah pergeseran.

Pengecoran

Setelah semua yang dibutuhkan terpasang dengan baik, pengecoran dapat dilakukan. Jika Anda menginginkan proses pengecoran yang lebih mudah, Anda dapat juga menggunakan bondek cor. Tambahkan end-stop pada bagian atas pemasangan bondek. Tujuannya adalah agar adonan semen yang digunakan untuk mengecor tidak tumpah. Berikutnya, plat bondek juga harus dipasang dengan jarak masing-masing 1.5 cm.

Pengecoran Ulang

Tahap terakhir adalah melakukan pengecoran ulang untuk tahap akhir proses pemasangan bondek. Beberapa orang memilih untuk tidak mengecor ulang jika menggunakan bondek cor. Hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun, demi hasil yang lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan pengecoran ulang bahkan ketika sudah menggunakan atap bondek cor.