Selama ini stigma yang ada di masyarakat selalu menyalahkan wanita apabila tidak segera mempunyai keturunan, mereka akan dicap mandul. Padahal sebenarnya 40% masalah kemandulan juga bisa berasal dari pria juga. Oleh karena itu bagi anda pria yang sudah menikah dan berencana ingin segera memiliki keturunan, jangan ragu untuk juga mengecek kesuburan anda. Pengecekan ini tidak perlu lagi anda lakukan dengan  repot-repot pergi ke dokter. Kini anda dapat melakukannya sendiri dirumah dengan alat pendeteksi kesuburan yang disebut Sperm Check Fertility. Dengan alat yang sudah dipasarkan sejak April 2012 ini, kaum pria dapat mengecek kesuburannya dengan lebih privasi daripada harus menyerahkan sampel spermanya ke laboratorium untuk ditangani orang lain. Selain alat pendeteksi kesuburan wanita ada cara untuk mengetahu kesuburan pria.

Prinsip kerja dari alat pendeteksi kesuburan ini adalah menganalisis molekul antigen yang disebut SP-10 yang berada di kepala sperma. Untuk penggunaannya lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Tampung sperma anda pada cup yang telah disediakan lalu diamkan  selama 20 menit. Pendiaman ini berguna supaya sperma lebih cair sehingga nantinya  mudah dideteksi oleh alat
  2. Aduk sperma pada cup tadi supaya kekentalannya lebih merata lalu ambil sperma itu dengan menggunakan pipet yang telah disediakan sampai batas garis hitam yang tertera. Bila ada gelembung udara yang masuk selama proses ini, keluarkan sperma dari pipet lalu ulangi lagi proses pengambilan sampai tidak ada gelembung udara. 
  3. Campurkan sperma dalam pipet tadi ke dalam larutan buffer yang telah disediakan lalu kocok  perlahan supaya tercampur merata dan diamkan selama 2 menit. Buffer ini berguna supaya nantinya  pH (tingkat keasaman )dari sperma tidak berubah saat berkontak dengan udara ataupun kontaminan lain  ketika diteteskan pada alat pembaca. Hal ini disebabkan salah 1 faktor yang mempengaruhi kualitas sperma juga dari tingkat keasamannya. Oleh karena itu harus dijaga stabil untuk memperoleh hasil yang akurat.
  4. Masukkan 6 tetes campuran tadi ke dalam cekungan pada alat pembaca. Hasilnya bisa anda lihat setelah 7 menit. Perhatikan pada tulisan C dan T yang ada pada strip dari alat itu. C berasal dari kata control yang menunjukkan bagian dari sperma anda yang sehat . Sementara T berarti test yang menunjukkan keseluruhan kondisi sperma anda. berbeda dengan alat pendeteksi kesuburan wanita.
  5. Jika pada bagian C dan T muncul garis berarti sperma anda masih sehat. Namun anda perlu berhati-hati apabila hanya salah 1 garis atau tidak ada garis yang muncul. Segera konsultasikan ke dokter

Selain dengan lingkup yang lebih privasi dan praktis, pengecekan dengan alat pendeteksi kesuburan ini juga lebih murah daripada harus menggunakan jasa laboratorium. Hasil pengecekannya pun dapat anda peroleh lebih cepat daripada laboratorium. Dengan demikian seandainya anda terdeteksi mengalami kemandulan , bisa lebih cepat ditangani. Selain alat pendeteksi kesuburan wanita, laki-laki juga perlu mengetahui masa suburnya.