Generator set merupakan seperangkat peralatan yang mampu menghasilkan gelombang listrik. Biasanya mesin ini sering digunakan untuk menyimpan cadangan listrik guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik secara bergilir. Bahkan perusahaan yang bergerak di bidang industri sering menggunakan genset untuk memasok listrik karena menilai jauh lebih ekonomis dibandingkan menggunakan listrik yang berasal dari PLN. Anda bahkan bisa mendapatkan harga genset diesel yang lebih murah di pasaran jika langsung membelinya ke distributor. 

Banyak pemilik genset tidak memperhatikan beberapa hal yang sering menyebabkan kerusakan pada genset. Bisa dikatakan hal tersebut sebenarnya bukan hal yang besar malah sangat sepele. Namun jika anda tidak memperhatikan dan mengatasi tentu saja akan bermasalah kedepannya. 

Jarang Melakukan Proses Pemanasan Genset

Salah satu penyebab remeh kerusakan pada genset karena pemilik jarang memanaskan genset. Sebagaimana mesin motor atau mobil tentu saja genset tetap butuh untuk dipanaskan guna menjaga aki dalam kualitas yang baik. Nah, jika anda memiliki genset di rumah jangan lupa ya untuk memanaskan genset. Lakukan cara ini jika menginginkan genset tetap awet. 

Tidak Memperhatikan Kondisi Aki

Hal sepele lain yang sering menyebabkan kerusakan pada genset adalah pemilik tidak memperhatikan kondisi aki pada genset. Proses untuk menyalakan genset dipengaruhi oleh perputaran aki, sebagaimana aki pada motor dan mobil membutuhkan penggantian secara berkala untuk memastikan kualitasnya tetap prima. 

Penggunaan Genset Terus Menerus

Seperti yang kita tahu bahwa genset digunakan untuk menyimpan listrik guna kebutuhan mendesak misalnya pemadaman listrik secara bergilir. Meskipun demikian, anda tidak bisa untuk menggunakan genset secara terus menerus. Jika anda membeli genset baru nantinya akan ada waktu yang disarankan untuk proses penggunaan. Jangan terlalu lama karena akan meningkatkan risiko kerusakan pada komponen dalam genset. 

Selain itu jika anda membeli genset jangan pernah menggunakan genset saat bahan bakar sedang habis, karena akan merusak komponen yang ada di genset. Saat ini harga genset diesel cukup bervariasi, tergantung fitur dan merk tertentu.