Multi channel e-commerce merupakan salah satu cara yang kini banyak digunakan oleh para pengusaha untuk menjual berbagai produknya. Dengan menggunakan solusi multi channel ecommerce ini digadang-gadang memiliki banyak keuntungan dari mulai bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan pelanggan, serta meningkatkan keuntungan. Namun apakah Anda pernah berpikir solusi ini juga memiliki kekurangan ?

Setiap yang ada di dunia ini pasti memiliki sisi positif serta memiliki sisi yang negatif. Bagi juga dengan solusi penjualan elektronik multi channel e-commerce ini. Walaupun memang memiliki banyak keuntungan, sistem ini ternyata memiliki kekurangan. Lalu apa saja kekurangan menggunakan multi channel e-commerce tersebut ?

Memerlukan Administrasi yang Lebih Baik

Dengan banyaknya tempat Anda berjualan maka administrasinya juga harus lebih baik pula. Dari yang awalnya hanya menggunakan satu sistem administrasi saat ini Anda juga harus banyak menemukan sistem administrasi yang baru dan lebih baik. Karena pelanggan akan datang dari berbagai platform penjualan maka harus lebih teliti dan juga lebih cermat saat melakukan sistem administrasi

Memerlukan Banyak Admin

Jika toko Anda sudah besar dengan penggunaan solusi multi channel ecommerce ini pastinya memerlukan banyak Admin. Jika sebelumnya satu Admin bisa mengatur satu atau dua tempat, dengan semakin bertambahnya tempat penjualan maka jumlah Admin juga harusnya bertambah untuk menyeimbangi berbagai permintaan pelanggan.

Selain itu Admin juga akan banyak mendapatkan berbagai pertanyaan atau komplain dari pelanggan. Jadi jika jumlah Admin sangat terbatas maka proses administrasi dan sistem customer service tidak akan berjalan dengan lancar yang tentunya akan mengecewakan para pelanggan yang akan membeli produk yang Anda jual.

Stok Harus Sangat Diperhatikan

Dengan banyaknya platform penjualan yang Anda gunakan, maka Anda harus sering meng-update stok yang ada sehingga jika habis tidak akan tercantum lagi di platform penjualan yang satunya. Atau Anda harus pandai membagi stok barang untuk satu platform dengan platform yang lain sehingga tidak miss komunikasi dengan para pelanggan.

Menambah Pengeluaran

Dengan meningkatnya penjualan dan menghasilkan banyak keuntungan dari sistem multi channel e-commerce ini ternyata juga sebanding dengan bertambahnya pengeluaran. Pengeluaran ini bisa dikarenakan dengan bertambahnya tenaga kerja seperti Admin platform penjualan, Admin customer service, Admin data entry, dan juga Admin gudang. Dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja tersebut maka pengeluaran yang Anda keluarkan juga akan lebih banyak.

Selain tenaga kesehatan solusi multi channel ecommerce ini juga membuat Anda memiliki pengeluaran yang lebih besar karena penggunaan solusi ini tidak lain akan membutuhkan jaringan internet yang mana juga memerlukan biaya dalam pemasangannya atau saat menjadi pelanggan  suatu operator. Dengan kekurangan ini Anda bisa mempersiapkan suatu langkah.