Jika kita membahas lampu PJU LED 50 watt, hal yang terbesit pertama kali adalah efisiensi dan ramah lingkungan. Dimana komponen lampu ini bisa menyuplai listrik dengan independent lewat energi dari sinar matahari tanpa menghasilkan emisi buruk sedikitpun. Pemanfaatan panel surya diharapkan lebih optimal lagi di negara kita, mengingat panas sinar matahari yang lebih kuat dapat menambah kuat arus dan suplai aliran listrik. Dengan adanya peluang inilah, pemerintah daerah lebih banyak memanfaatkan PJU dari solar cell.

Tips Pemasangan Lampu PJU Tenaga Surya

Sebelum memasang lampu PJU tenaga surya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut ini :

  1. Harus Ada Izin Pemda Terlebih Dulu

Pengajuan PJU memang termasuk wewenang pihak Pemerintah Daerah untuk memenuhi seperangkat fasilitas umum. Jika masyarakat ingin membuat PJU, tentu saja harus mendapatkan izin dari pihak Pemda, sehingga seluruh biaya instalasi dan pembangunan listrik langsung ditanggung oleh PEMDA.

Akan tetapi, untuk pembangunan PJU dari tenaga surya sendiri sebenarnya dapat dilakukan lewat swadaya, mengingat PJU dari tenaga surya tak membutuhkan biaya pemasangan listrik dalam pengoperasiannya. Sehingga kebanyakan pihak PEMDA tak ikut memvalidasi permintaan instalasi PJU panel surya tanpa mendapatkan perintah dari pihak pejabat daerah secara langsung.

  1. Tentukan Tinggi Lampu Jalan PJU

Dalam pemasangan lampu jalan PJU, penting sekali menentukan ketinggian lampu yang akan dipasang. Pengukuran ketinggian lampu jalan PJU tenaga surya sendiri bertujuan agar cahayanya dapat menerangi fasilitas umum dengan baik. Jika dipasang dengan ketinggian yang tepat, maka suplai sinar lampu yang diperoleh pun lebih efisien di wilayah tersebut.

2. Mulai Merakit Peralatan PJU

Jika Anda Sudah mendapatkan ketinggian yang ideal, selanjutnya bisa merakit komponen-komponen yang diperlukan dalam pemasangan PJU. Seperti lampu LED, panel surya, solar charge controller, dan baterai harus sudah disediakan. Peralatan yang paling penting digunakan dalam PJU ini ialah solar charge controller yang dapat membantu sistem dalam menyuplai aliran listrik yang ditampung dalam baterai.

Pemilihan baterai pun harus dilakukan dengan benar, sebaiknya baterai yang dipakai sesuai dengan kapasitas beban tegangan dalam panel surya.

3. Pasang Lampu Jalan PJU Tenaga Surya

Jika semua komponen yang sudah dipersiapkan dikumpulkan dengan benar, lalu panel surya dan baterai telah diatur sedemikian rupa, PJU dari tenaga surya pun siap dilakukan instalasi. Caranya letakkan tiang lampu jalan ke area yang terik dan dekat dengan fasilitas umum, pastikan untuk tidak menempatkan lampu jalan PJU di bawah bangunan ataupun di bawah pohon. Sebab bisa mengurangi kinerja lampu tersebut untuk menyerap panas matahari sebagai sumber energi listrik. Setelah itu, buat lubang pada kedalaman 1,5-2 meter untuk menempatkan sebagian badan dari tiang PJU. Lampu PJU panel surya pun siap digunakan, pemakaian lampu LED sebagai PJU panel surya  tentu saja bisa memperpanjang usia pemakaiannya.