Praktik corporate e-commerce logistics di Indonesia memang masih dalam tahap perkembangan. Satu persatu mulai banyak pelaku e-commerce dari berbagai wilayah, tapi kebanyakan masih belum maksimal dalam menjalankan sistem logistiknya yakni yang berkaitan dengan shipping barang. Tapi banyak pihak optimis bahwa prospek bisnis e-commerce di negara ini sangat cerah, terbukti dari peningkatan angka transaksi dari berbagai platform toko online dan berbagai akun media sosial.

Persoalan Logistik E-Commerce di Indonesia

Yang menjadi akar persoalan e-commerce di Indonesia sebenarnya adalah faktor geografis. Wilayah kita terbentang dari barat ke timur dan terdiri dari jajaran kepulauan. Sementara itu, kemampuan jasa pengiriman barang sendiri belum begitu maksimal. Masih jamak dijumpai berbagai kendala seperti jalur dan medan lokasi yang susah dilacak dan harus dicari secara manual. Kondisi inilah yang menimbulkan dilema karena bagi penjual reputasinya dipertaruhkan, sementara konsumen tentu tidak ingin rugi karena sudah terlanjur membayar.

Kendala logistik itu dapat diatasi jika pemerintah meningkatkan kualitas jalur transportasi khususnya di kawasan-kawasan yang selama ini kurang dianggap dalam pemetaan bisnis e-commerce. Satu hal yang membedakan dari praktik bisnis konvensional adalah jangkauan pemasaran corporate e-commerce logistics yang tanpa batas. Semua orang asal punya uang dan jaringan internet punya hak melakukan transaksi, baik sebagai pembeli atau penjual. Nah, itulah tantangan terbesarnya di masa sekarang.

Sistem Transaksi dan Integrasi Data E-Commerce

Layanan sistem transaksi juga sangat penting karena berkaitan langsung dengan nilai keuntungan penjual dan modal yang digunakan konsumen. Diharapkan bahwa pengembangan sistem transaksi diutamakan dan kian memudahkan konsumen untuk menggunakan alat dan metode pembayaran. Integrasi data akan menciptakan sistem yang lebih praktis dan efisien karena pembeli tidak perlu lagi menjalani serangkaian prosedur verifikasi data karena semua telah terarsipkan secara aman dalam akunnya sendiri.

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah terus mengupayakan akselerasi dan optimalisasi e-commerce dan semua bidang yang terkait dengan praktik tersebut. Semua pelaku corporate e-commerce logistics tinggal beradaptasi dan menciptakan berbagai terobosan demi mewujudkan target bisnisnya masing-masing.