Biasanya ketika hendak memilih penutup atap rumah Anda akan mempertimbangkan keunggulan dan kekurangannya. Begitu juga ketika memilih jenis dan harga genteng metal untuk hunian tercinta.

Kelebihan Genteng Metal

Genteng metal banyak disukai karena tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Anda bisa menemukan genteng ini berbentuk susunan vertikal, beralur kayu atau menyerupai batu tulis dan bentuk lainnya. Meski dikenal awet, genteng ini memiliki kelebihan maupun kekurangan. Beberapa kelebihannya seperti :

  • Daya tahan tinggi

Pertimbangan pertama ketika memilih genteng adalah daya tahannya. Daya tahan genteng metal dikenal bagus karena anti pecah, anti rayap dan anti jamur. Berkat daya tahan yang bagus tersebut, genteng ini pun bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. 

  • Rangka atap sederhana

Genteng yang terbuat dari metal memiliki bobot yang ringan. Pemasangannya hanya membutuhkan struktur rangka atap sederhana. Biasanya genteng ini dipasang dengan memanfaatkan penyangga dari baja ringan sehingga kuat hingga bertahun-tahun. 

  • Bobot yang ringan

Genteng metal yang berbentuk lembaran dengan susunan yang membentang hingga 1 m2 rata-rata memiliki bobot sekitar 7 kg. Apabila dibandingkan dengan genteng tanah liat atau atap beton yang memiliki luas sama, maka bobot genteng dari metal jauh lebih ringan. Untuk luas 1 m2 saja, bobot atap beton bisa mencapai 60 kg. Itu sebabnya genteng dari metal sangat bagus dipakai di kawasan yang rawan gempa. 

  • Pilihan beragam pemasangan cepat dan mudah

Kelebihan lainnya dari genteng metal yakni pilihan warna yang beragam dan bisa diaplikasikan di rumah-rumah tradisional, minimalis maupun modern. Proses pemasangan genteng dari metal pun cukup mudah karena desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dipasang dalam waktu singkat. Pemasangannya cukup dengan menghamparkan genteng di atas rangka atap kemudian dikencangkan menggunakan sekrup di beberapa bagian. Meski pemasangannya mudah dan cepat, genteng ini cukup kuat menahan terpaan angin maupun goncangan.

  • Harga murah

Harga genteng metal sebenarnya tak mahal. Genteng ini termasuk dalam range harga menengah. Karena bentuknya bisa berupa lembaran, jadinya lebih hemat. Anda bisa menutup area yang luas hanya menggunakan sejumlah lembaran genteng metal yang lebih sedikit.

Kekurangan Genteng Metal

Genteng metal memang memiliki beberapa kelebihan, tapi juga memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, ruangan di dalam rumah yang menggunakan genteng metal biasanya terasa panas, gerah dan sumpek. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan lapisan insulasi di bawah lapisan genteng demi menyerap panas. 

Genteng metal juga cenderung menimbulkan suara bising terutama ketika hujan deras atau terjadi kontak antar lapisan. Apabila pemasangan kurang hati-hati, genteng sering mengalami penyok karena terinjak. Belum lagi bila memilih genteng dari metal berkualitas buruk seringkali warnanya mudah mengelupas. Jadi, akan lebih baik memilih genteng metal yang benar-benar terkenal kualitasnya.