Kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan cetak offset, sebagai berikut.

Teknik Cetak Offset

Pada sistem pencetakan selain menggunakan teknik cetak sablon atau menggunakan cetak dengan teknik digital printing, ada satu lagi teknik, yakni cetak dengan teknik secara offset, atau offset printing. Teknik ini memanfaatkan sifat air dengan minyak yang tak akan bisa menyatu, dengan terlebih dahulu mempersiapkan film atau plat atau piringan cetaknya lalu secara offset tinta dari plat akan diserap dan menempel pada kertas atau plastik sebagai media cetak akhirnya. Teknik cetak offset ini biasanya dipergunakan untuk kepentingan komersial dan dalam jumlah cetak yang banyak. Adapun nilai lebih atau keuntungan menggunakan teknik cetak secara offset ini adalah sebagai berikut.

Biaya Per Satuan Cetak Lebih Rendah

Jika dihitung-hitung maka metode cetak offset ini biayanya bisa lebih rendah kalau dibandingkan dengan menggunakan metode cetak dengan menggunakan sistem sablon misalnya atau jika menggunakan sistem cetak digital. Makin banyak kuantitas lembar cetaknya per satu halaman desain maka akan semakin rendah biaya cetak per satu lembar kertas atau plastiknya.

Dapat Dicetak Pada Lebih Banyak Jenis Kertas

Cetak mencetak biasanya menggunakan media akhir berupa kertas, nah keuntungan dari sistem cetak offset ini adalah bisa mencetak pada kertas dengan tekstur kasar juga selain pada kertas halus yang biasanya secara umum dipergunakan, jadi dengan metode cetak secara offset ini maka proses cetak pada media akhir yang kasar seperti pada kertas bermotif misalnya akan dimungkinkan, hal yang tak dapat dilakukan jika menggunakan metode cetak dengan cara yang lainnya, seperti jika menggunakan cetak sablon ataupun metode cetak digital printing. Demikian pula dengan ukuran kertasnya dan ketebalan kertasnya bisa dicetak dengan menggunakan metode offset printing ini. Kertas bergramatur tebal hingga 300 gsm pun bisa dicetak dengan menggunakan metode cetak offset printing ini. Juga untuk kertas hingga dengan ukuran A1 atau A0.

Hasil Cetak Lebih Awet

Keuntungan lainnya adalah hasil cetaknya lebih awet dan bisa bertahan lama, jika dibandingkan dengan metode cetak yang lainnya, seperti jika mencetak dengan menggunakan metode atau cara cetak digital printing, atau jika mencetak dengan metode secara sablon.

Bisa Memilih Banyak Jenis Tinta

Selain itu, keuntungan  lainnya dari cetak offset ini adalah terdapat lebih banyak jenis tinta yang bisa dipakai, mulai yang berwarna warni, dengan warna dasar pada umumnya seperti yang biasanya, ataupun untuk warna stabilo, hingga warna keemasan dengan tinta gold atau tinta emas dan juga tinta perak atau silver ataupun jika ingin menghasilkan gradasi warna keabuan dengan tingkatan gradasi warnanya yang bisa nampak dengan nyata dan jelas hasilnya.

Bisa Memilih Banyak Jenis Kertas

Pada metode cetak offset ini juga bisa memilih berbagai jenis kertas dan ukurannya, mulai dari yang polos hingga kertas bermotif dan juga dengan ukurannya dan ketebalannya. Cetak dengan metode offset ini bisa melakukan pencetakan pada kertas yang sangat tipis hingga kertas yang sangat tebal, juga dengan ukurannya, dengan metode cetak secara offset ini maka bisa juga mencetak hingga ukuran kertas A1.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai keuntungan cetak offset.