PJU tenaga surya sebenarnya mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan PJU (Penerangan Jalan Umum) yang mengandalkan listrik. Perbedaan paling mencolok hanya terdapat pada sumber energi yang digunakan. PJU tenaga surya mengambil sumber energi dari sinar matahari. Hal ini menjadi sangat menguntungkan karena ketersediaan sinar matahari tidak akan pernah habis. Nah, berikut ini beberapa fungsi PJU tenaga surya bagi masyarakat.

  1. Sebagai Navigasi untuk Pengguna Jalan

Sebagai satu-satunya penerangan di jalanan, terlebih jika cuaca sedang mendung atau hujan, maka PJU ini sangat berguna sebagai navigasi untuk pengguna jalan. Dari sinar cahaya yang dihasilkan lampu ini, maka pengguna jalan dapat melihat dengan jelas kondisi jalan serta apa yang ada di hadapan mereka saat berkendara, termasuk bisa melihat dengan jelas belokan yang ada. Karena digunakan sebagai navigasi, maka PJU ini haruslah mempunyai pencahayaan yang kuat, rata, dan tidak menyilaukan sehingga tidak mengganggu penglihatan pengguna jalan.

  1. Sebagai Pendukung Keamanan dan Keselamatan Pengguna Jalan

Jalan yang gelap sudah pasti berbahaya. Sebab, banyak penjahat yang memanfaatkan kondisi gelap untuk melancarkan aksinya. Selain itu, kondisi jalan yang bisa jadi tidak mulus juga tidak akan terlihat jika tidak terdapat PJU. Terlebih jika pengguna jalan tidak menyalakan lampu pada kendaraannya atau bertemu dengan pejalan kaki. Kemungkinan terjadinya kecelakaan menjadi sangat besar. Nah, untuk mendukung keamanan dan keselamatan ini, maka warna cahaya yang dihasilkan PJU tenaga surya juga harus bisa menembus kabut, namun tetap aman untuk penglihatan pengguna jalan.

  1. Sebagai Pendukung Keindahan Lingkungan

Secara fisik, PJU tenaga surya hanya berupa tiang tinggi dengan bagian atasnya terdapat panel surya. Pada panel surya ini terdapat komponen yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari. Bentuknya yang unik ini sekaligus pengaplikasian yang berjajar dengan jarak tertentu akan menciptakan keindahan tersendiri di sepanjang tepi jalan. Nah, untuk mendukung fungsi keindahan ini, sekarang banyak tersedia PJU dengan desain yang unik, artistik, warna menarik, dan bentuk yang antik. Semua hal tersebut akan membuat keindahan yang tercipta berkat kehadiran PJU tenaga surya di jalanan ini juga semakin maksimal.

  1. Sebagai Media yang Menguntungkan

Ternyata, kehadiran PJU tenaga surya ini juga sering digunakan sebagai media untuk menempatkan iklan. Ini artinya, tidak hanya memberikan penerangan jalan, PJU tenaga surya juga bisa mendatangkan keuntungan komersial bagi pemda setempat karena fungsi yang satu ini. Hanya saja, agar dapat digunakan sebagai media untuk beriklan, harus diperhatikan peletakan dari PJU itu sendiri. Pastikan letaknya berada di tepi jalan yang bisa membuat pengguna jalan menjadi tertarik.

Itulah beberapa fungsi dari PJU tenaga surya yang perlu diketahui dan menjadi pertimbangan bagi pemerintah daerah yang ingin menciptakan wilayahnya menjadi ramah lingkungan, terang, aman, dan pastinya tetap menghemat biaya.