Commercial cooking equipment, mungkin sudah banyak yang mengenal istilah tersebut. Terutama mereka yang terjun dalam dunia kuliner. Karena sebagian besar restoran berbintang yang ada di dunia ini menggunakan peralatan tersebut untuk operasional dapur mereka.

Dalam commercial cooking equipment atau peralatan dapur profesional sendiri diklasifikasikan dalam beberapa kategori. Baik dari segi ukuran hingga fungsinya.

Peralatan besar atau sering disebut dengan kitchen equipment merupakan peralatan dalam keadaan besar dan kecil, biasa digunakan dalam proses pengolahan makanan dalam sebuah dapur restoran. Kitchen equipment dibedakan menjadi dua, berdasarkan ukuran peralatan itu sendiri.

  • Large Equipment atau peralatan besar. Biasanya peralatan ini diletakkan atau diposisikan secara permanen. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar hingga sulit untuk dipindahkan.
  • Utensils atau peralatan kecil dalam proses produksi makanan yang dapat dipindahkan.

Sedangkan berdasarkan fungsinya, peralatan-peralatan tersebut dibedakan menjadi beberapa bagian:

  • Preparation Equipments (peralatan untuk persiapan pengolahan), peralatan ini sendiri berfungsi sebagai pemrosesan dasar dari bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sebuah masakan. Contohnya seperti Dough Mixer yang digunakan untuk membuat adonan roti, Meat Grinder yang digunakan sebagai penggiling daging, Meat Slicer atau alat pengiris daging yang digerakkan listrik, berguna untuk mengiris keju, Food Bender sebuah alat untuk menghaluskan makanan, Bread Slicer alat untuk mengiris roti.
  • Processing Equipments (peralatan untuk pengolahan) yang biasa digunakan untuk mengolah makanan yang sedang diproses seperti kegiatan menggoreng, memanggang dan yang lainnya. Seperti: Cooking Range, Oven, Grill, Utensils, Pot, Pan, Knives, dan Frying pan.
  • Service/Plating Equipments (peralatan untuk penyajian) atau peralatan yang digunakan untuk menyelesaikan makanan yang kita proses menjadi lebih menarik. Peralatan ini menjadi sebuah pembentuk identitas makanan yang akan disajikan kepada konsumen restoran. Seperti: Kitchen Platter atau piring saji yang memiliki berbagai macam bentuk, Sizzling Platter yang digunakan untuk menyajikan steak, Casserole, Sole Dish, Marmite yang digunakan untuk menyajikan sup, Shirred peralatan yang tahan api biasanya digunakan untuk membentuk telur.