Beberapa tahun belakangan penggunaan rangka besi galvanis atau biasa yang kita kenal dengan rangka baja ringan dalam konstruksi bangunan marak digunakan sebagai pengganti kayu dan baja konvensional. Hal ini tentunya tidak terjadi tanpa alasan yang jelas. Banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan rangka galvanis lebih kuat dan tahan lama. Nah, berikut ini pemaparan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan rangka galvanis.

Kelebihan Rangka Galvanis

  • Awet dan tahan lama

Rangka galvanis yang terbuat dari material baja ringan tidak terpengaruh oleh serangan rayap. Berbeda halnya dengan rangka kayu biasa yang rentan lapuk akibat dari serangan rayap. Hal ini kemudian menjadikan rangka galvanis memiliki usia pakai yang relatif lebih lama dari penggunaan rangka kayu. Selain tahan akan rayap, rangka galvanis juga tahan akan karat karena rangka baja telah dilapisi oleh aluminium dan zinc. Anda bisa memberikan finishing lapisan tambahan berupa cat anti karat agar rangka lebih tahan akan perubahan cuaca dan kelembapan.

  • Harga lebih murah dan pemasangan cepat

Rangka galvanis tidak memerlukan pemeliharaan atau perawatan yang intens sehingga hal ini dapat menghemat biaya perawatan rumah Anda. Selain tidak mengeluarkan biaya perawatan khusus, proses pemasangan rangka atap baja ringan jenis ini pun relatif cepat. Rangka ini sudah tersedia siap pasang sehingga menghemat waktu pengerjaan pembangunan. Namun hal ini juga tentunya menyesuaikan dengan tingkat kerumitan dan luasan atap.

  • Banyak pilihan ukuran dan model

Anda tidak perlu bingung mencari ukuran ataupun model rangka galvanis, karena rangka ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran dan model. Mulai dari bentang berukuran kecil (6-8 meter), ukuran sedang (8-10 meter) hingga ukuran besar (10-12 meter). Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain ukuran, rangka galvanis juga dijual dengan berbagai model. Harga model rangka tersebut menyesuaikan dengan detail dekorasi tiang, ukuran dan penggunaan materialnya.

Kekurangan Rangka Galvanis

  • Membutuhkan keahlian dalam pemasangannya

Walaupun pemasangan rangka galvanis terbilang cepat namun membutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya. Tidak semua orang familiar dan mampu memasang atap rangka galvanis. Diperlukan tenaga kerja yang benar-benar mengerti dalam pengerjaan rangka ini. Salah sedikit saja maka akan berakibat pada tidak kokohnya rangka yang dipasang. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan resiko dan bahaya.

  • Cenderung lebih cepat panas

Salah satu kelemahan lainnya dari rangka galvanis adalah cenderung cepat panas. Dalam pemakaian rangka jenis ini, terutama ketika digunakan sebagai rangka atap akan lebis cepat panas saat matahari terik di siang hari. Hal ini tentunya akan mempengaruhi suhu di dalam ruangan atau rumah Anda. Berbeda dengan rangka kayu yang cenderung menyerap panas dan tidak menyebabkan suhu ruangan meningkat.